Museum Negeri Sultra Dibobol Maling, Ratusan Barang Berharga Raib

Gambar Gravatar
Rabu, 27 Jan 2021, 10: 01 am-Ragam

Nasional.id – Museum Negeri Sultra (Sulawesi Tenggara) dikabarkan dibobol maling, semua barang antik dan berharga yang ada dalam museum tersebut raib.

Informasi tentang pencurian itu viral di media sosial yang awalnya diunggah oleh pemilik akun facebook bernama @axa elekton.

Axa mengunggah beberapa foto rak yang telah kosong dan rak yang terisi dengan beberapa barang barang antik.

Unggahan itu dilengkapi Keterangan bahwa Museum Negeri Sultra dibobol maling ratusan koleksi barang berharga raib disikat maling.

Berikut tangkapan layar unggahan tersebut.

Axa yang dikonfirmasi melalui aplikasi whatsapp mengatakan bahwa museum tersebut beralamat di Jalan Sao sao samping kantor perpustakaan international kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dia menduga, museum tersebut dibobol maling pada hari Senin tanggal 25 Januari 2021. Karena museum tersebut baru diketahui telah dibobol maling pada Selasa pagi tanggal 26 Januari.

“(Kejadiannya) Kayak nya tgl 25 senin mlm pak..karna selasa pagi gembok ruang koleksi (Museum) sdh patah dan koleksi sdh lenyap semua,” ucap axa Rabu siang (27/1/21).

Selain itu, Axa juga menyebut bahwa di museum tersebut sangat minim sarana, tidak ada security, tidak ada kamera pengintai atau CCTV sehingga sering kecurian. Barang barang yang ada dalam museum berdebu dan tak terurus.

Axa berharap agar pihak kepolisian segera mengusut peristiwa itu dan menangkap para pelaku. Dia juga berharap kepada pemerintah setempat agar memberi perhatian penuh terhadap museum tersebut agar peristiwa serupa tak terulang.