Cara Melacak HP yang Hilang Meski dalam Keadaan Mati

Gambar Gravatar
Februari 3, 2021-Ragam

Nasional.id – HP Anda Hilang? jangan panik begini cara melacak HP yang hilang bahkan Anda bisa mengunci layar dan menghapus data Anda di HP tersebut dari jarak jauh.

Melacak HP hilang Melalui Email

Cara melacak HP android yang hilang adalah dengan menggunakan email. Biasanya, setiap HP andorid terpasang email beserta akun pemiliknya nah dari email tersebut Anda bisa melacak HP android yang hilang.

Pertama masukkan alamat email yang terdapat pada HP yang hilang pada halaman gmail. Kemudian masukkan kata sandi. Setelah berhasil masuk ke alamat tersebut, pilih tampilan gmail versi Web. Pilih ikon dengan titik Sembilan pada sisi atas kanan, lalu masuk pada Akun Google (Google Account), lalu scroll kebawah.

Pilih opsi Mulai pada tulisan Temukan Ponsel Anda. Lalu pilih HP Anda yang hilang. Masukkan lagi kata sandi email yang berada di HP yang hilang. Lalu pilih opsi Temukan. Maka akan mucul google map, lalu klik Tutup. Pilih jenis HP yang Anda lacak, lalu pilih ikon Refresh agar posisi HP yang hilang terupdate dan terbaca oleh google map. HP Anda yang hilang akan terbaca di layar

Demikian cara melacak HP yang hilang melalui email dan berikut ini cara melacak HP yang hilang melalui Google Maps:

Pertama buka aplikasi Google Maps lalu pilih menu Setting, kemudian Bagi Lokasi dan Mulai pada pojok kiri atas. Anda bisa memilih waktu pelacakan. Pilih selama 1 jam atau hingga dinonaktifkan agar Anda bisa terus melacaknya. Kemudian klik Pilih Orang, lalu isi alamat email dan nomor HP yang ingin Anda lacak. Klik Bagikan lalu tekan Aktifkan. Lokasi HP Anda yang hilang akan terlihat dan terlacak selama 24 jam.

Demikian cara melacak HP yang hilang melalui Google Maps dan berikut ini cara melacak HP yang hilang melalui aplikasi Find My Device yang tersedia di Google Play Store.

Pertama unduh aplikasi Find My Device di Google Play Store. Kemudian buka aplikasi dan lakukan Login menggunakan layanan Gmail yang dimiliki. Selanjutnya, HP yang hilang secara otomatis diketahui lokasi keberadaannya.

Cara melacak HP yang hilang melalui Google ADM

ADM atau Android Device Manager adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan HP android yang hilang dengan mengaktifkan GPS di HP tujuan.

Pertama tama, gunakan gadget lain atau laptop untuk login ke ADM dengan masuk ke akun Google Anda.

Kemudian masukkan alamat email dan kata sandi. Anda akan melihat nama HP android yang terkoneksi dengan alamat email yang telah Anda masukkan tadi pada layar. Setelah itu Anda bisa mencatat alamat dimana HP tersebut berada. Jika ADM tidak muncul, maka ada kemungkinan jika HP yang hilang dalam keadaan mati.

Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Google Maps bisa dimanfaatkan untuk melacak HP atau ponsel yang hilang, terutama dalam keadaan mati.

Pertama buka aplikasi google maps kemudian ketuk ikon garis tiga di pojok kiri atas, lalu masukkan akun HP Anda yang hilang dengan opsi Add Account. Tekan ikon hamburger sekali lagi dan kini pilih Your Timeline. Pelacakan akan dimulai. Tekan ikon kalender untuk mengetahui lokasi HP jika telah hilang dalam hitungan hari, terutama jika HP mati. (*)