Pelaku Penipuan Online Menggunakan Akun Facebook Palsu, Diringkus Polisi

  • Whatsapp
Ketiga Terduga Pelaku Penipuan Online.
Sebarkan

Nasional.id – Tiga orang pria dan wanita di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) diringkus Polisi. Ketiganya diduga telah melakukan penipuan online melalui media sosial facebook dan aplikasi WhatsApp.

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Benny Pornika mengatakan, ketiga pelaku bernama Arman (29), Sudirman (24) dan Sumarni (34), warga Kelurahan Batulappa, Kecamatan Wattangpulu, Kabupaten Sidrap.

Bacaan Lainnya

Mereka ditangkap di BTN  Salsabilah Kelurahan Batulappa, Jumat sore (5/6) setelah salah satu korbannya bernama Andi Nurasma Novita melapor ke Polres Sidrap.

Ketiga pelaku memanfaatkan situasi pendemi covid-19 ini untuk menipu warga melalui media sosial. Mereka menggunakan akun facebook palsu lalu menjual Masker namun pesanan pembeli tidak dikirim.

Mirisnya, mereka menggunakan akun facebook palsu yang mirip dengan akun facebook asli milik korban Andi Nurasma Novita yang berprofesi sebagai Distributor pengadaan Alat Pelindung Diri dalam masa penanggulangan Covid -19 untuk Wilayah Kabupaten Pinrang.

Beruntung polisi segera bertindak dan mengamankan ketiga pelaku. Satu teman pelaku berinisial AK kini masih dalam pengejaran dan ditetapkan sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang).

“Saat diintrogasi, mereka mengakui perbuatannya telah melakukan penipuan penjualan barang berupa masker secara online melalui Facebook dan Whatsapp. Adapun foto dan KTP yang digunakan pada akun Facebook yang digunakan melancarkan aksinya, diambil dari akun facebook GALL NOPH. Akun facebook GALL NOPH adalah akun facebook milik korban Andi Nurasma Novita,” ungkap Benny.

Berikut ini nama nama akun Facebook yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya, antara lain:

– HIKMA AWAL SHOOP.
– LINA ANGGELNYA RIDWAN.
– INTANYA EKO.
– FENNY OLLSHOP (NOVITA).
– FITRIA MUKMIN.
– LISNAWATI WIDYA MUKTI.

Nomor Rekening yang digunakan pelaku:

– BNI 0361008*** atas nama ANGGA
SETIAWAN RAKASIWI.
– BNI 09491689*** atas nama JUWISMA.
– BRI 530101026344***
– BRI 5063020301025463*** aatas nama
RISMA.

“Saat ini ketiga pelaku bersama barang bukti empat buah HP dan satu lembar kartu ATM, telah diamankan di Mapolres Sidrap untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Benny.

(HS/NS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tetapi menangis di masa depan dengan mengigat masa lalunya.