Mahasiswa Kecewa, Inspektorat Bulukumba Dihadiahi ‘Batu Nisan’

Gambar Gravatar
Sabtu, 22 Mei 2021, 11: 15 am-Regional

Nasional.id – Kasus dugaan pungutan liar (Pungli) di Pasar Sentral Bulukumba belum menemui titik terang.

Hal itu memaksa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) STMIK Bina Adinata Cabang Bulukumba kembali menggelar aksi di depan kantor Inspektorat Kabupaten Bulukumba, Rabu 19 Mei 2021.

Mereka menuntut inspektorat mengambil sikap menindak kepala pasar yang mereka duga telah melakukan pungli terhadap para pedagang di Pasar Sentral Bulukumba.

Ketua HMI STMIK Bina Adinata Cabang Bulukumba, Ardianto Sudra kepada wartawan mengatakan bahwa aksi tersebut sudah yang ke lima kalinya ia gelar.

Dan kali ini mereka memberi Inspektorat Bulukumba hadiah berupa ‘Batu Nisan’ sebagai bentuk kekecewaannya terhadap instansi tersebut.

Mereka menilai Inspektorat lamban dalam menangani kasus pungli Pasar Sentral Bulukumba.

Bukan hanya itu, mereka juga menduga ada oknum di tubuh inspektorat yang turut serta mencicipi uang pungli dari Pasar Sentral sehingga Isnpektorat tidak berani menindaki pelaku yang nyata nyata sudah mengakui perbuatannya.

“Pelaku ini sudah mengakui perbuatannya dihadapan para anggota DPRD Bulukumba saat dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP). Pelaku juga telah mengaku saat dilakukan rapat Paripurna oleh DPRD yang dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten,”

“Kemudian DPRD dan Bupati Bulukumba telah merekomendasikan Inspektorat agar menindak pelaku. Tapi sampai saat ini inspektorat tidak menindaki pelaku, jadi saya duga ada oknum di inspektorat yang ikut mencicipi barang haram pungli ini sampai sampai mereka enggan menindaki pelaku,” ucap Ardianto Jumat (21/5).

Inspektorat Bulukumba yang dikonfirmasi enggan menanggapi oknum tersebut yang diduga turut menikmati pungli, inspektorat hanya mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja maksimal dalam menangani kasus tersebut.

“Kami telah bekerja pak. Proses pemeriksaan tentunya memiliki mekanisme sesuai ketentuan yang berlaku. Kami telah melakukan pengumpulan bukti dan sampai hari ini juga kami telah memanggil beberapa saksi. Temam teman auditor telah bekerja pak, bahkan mereka sampai melakukan pemeriksaan di malam hari,” katanya, Kamis malam. (*)