Kantor Disnaker dan PMK Dibakar Massa, ini Penyebabnya

Gambar Gravatar
Oktober 3, 2020-Nasional

Nasional.id – Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Kabupaten Keerom, Papua, dibakar massa, Kamis sore (1/10/2020).

Informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut dipicu atas kekecewaan warga terhadap hasil pengumuman penerimaan CPNS formasi 2018 yang baru diumumkan di kantor Bupati Keerom.

Awalnya massa yang berjumlah sekitar 250 orang menggelar aksi unjuk rasa. Puluhan personel kepolisian diturunkan mengawal aksi tersebut .

Aksi tersebut awalnya berjalan damai namun berubah menjadi anarkis, massa melempari kantor Bupati Keerom hingga kaca kantor tersebut pecah.

Lalu massa membakar kantor Disnaker dan PMK.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Mereka kecewa terhadap hasil pengumuman penerimaan CPNS formasi 2018. Situasi baru bisa dikendalikan setelah 1 SSK Anggota Dalmas Polda Papua diterjunkan mengamankan situasi, melakukan negosiasi dengan tokoh masyarakat,” ungkap Kamal.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw sangat menyesalkan insiden itu. Dia menegaskan akan memproses hukum para pelaku pengrusakan serta pembakaran sarana milik pemerintah tersebut.

Karena kata Paulus, kantor adalah milik pemerintah dan dibangun dari uang rakyat sejatinya harus dirawat dan dilindungi bukan malah dirusak.

“Kami akan tetap memproses hukum dan mencari para pelaku. Yang kami cari pelaku perusakan dan pembakaran. Siapa yang menyulut hingga masyarakat marah dan melakukan pembakaran,” tegas Paulus.

 

Kantor Disnaker dan PMK Dibakar Massa
Laporan: Heri
Editor: Heri

Komentar