66 Korban Tewas Akibat Longsor di Jabar dan Gempa di Sulbar, ini Kata Jokowi

Gambar Gravatar
Januari 16, 2021-Nasional

Nasional.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah yang menimpa warga Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Bencana yang menimpa warga Kabupaten Sumedang Jawa Barat adalah bencana longsor pada hari Kamis (14/121) yang hingga Jumat kemarin (15/1/21), dilaporkan menelan korban jiwa sebanyak 24 orang.

Sedangkan warga Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat adalah gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang terjadi Jumat dini hari (15/1/21) dan hingga jumat malam dilaporkan korban meninggal sebanyak 42 orang.

Jokowi dalam laman facebook pribadinya mengatakan bahwa Pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas dua musibah itu.

Berikut kutipannya:

Dua bencana alam dalam selang waktu beberapa hari ini terjadi di negara kita. Gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang kawasan Sulawesi Barat menjelang dinihari tadi, dan bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat pada 9 Januari lalu.

Mendengar adanya gempa di Sulbar, saya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui sambungan telepon, pagi tadi. Saya juga memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada yang luka-luka.

Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana.

Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia. Semoga segenap keluarga yang ditinggalkan diberiNya kesabaran. (**/ns)

 

 

Komentar