Legislator Kebon Sirih Soroti Harga Robot Pemadam

Gambar Gravatar
September 4, 2020-News

Nasional.id, Jakarta – Anggaran pembelian robot pemadam kebakaran LUF 60 milik Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menuai sorotan dari Legislator Kebon Sirih.

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter menduga pengadaan robot dengan tipe LUF 60 yang dibeli Pemprov DKI dengan uang rakyat harganya Rp 8,89 miliar terjadi penggelembungan harga.

“Saya sebagai wakil rakyat mendesak kepada Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta untuk memberikan penjelasan terkait hal ini, uang rakyat jangan dihambur-hamburkan dan di mark up,” terang Jupiter kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Jupiter mengatakan, dibandingkan dengan harga di sejumlah negara. Robot pemadam kabakaran tersebut jauh lebih mahal. Ia menyebutkan, jika di Singapura dan Kanada harga robot pemadam hanya sebesar Rp 4 Milyar.

“Saya sudah melakukan pengecekan harga, di Singapura dan Kanada cuma Rp 4 Miliar beserta mobil pengangkut robot itu. Hal seperti ini harusnya tidak boleh terjadi,” tegasnya.

Politisi partai Nasdem itu meminta agar BPK segera melakukan pemeriksaan dalam pengadaan robot pemadam milik Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Untuk diketahui sebelumnya, temuan dugaan penggelembungan pengadaan robot pemadam diungkap jelang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD DKI tahun 2019. Pemprov DKI Jakarta ingin membeli robot pemadam kebakaran senilai Rp 8 miliar. Legislator (ED/NS)

Komentar