Lawan COVID-19, Gubernur DKI imbau Pemerintah Kota Tingkatkan T2IT

Gambar Gravatar
Agustus 31, 2020-News

Nasional.id, Jakarta – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara mengikuti kegiatan teleconference mengenai ‘Tantangan Perubahan Perilaku Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru” di Ruang VIP Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (31/8/20).

Dalam kegiatan ini Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengimbau agar setiap pemerintah kota meningkatkan kemampuan Testing (pengujian), Tracing (penelusuran) dan Isolasi hingga Treating (mengobati) atau disingkat T2IT.

“Ada tiga hal yang yang harus dilakukan pemerintah dalam penanganan COVID-19, yakni meningkatkan kemampuan T2IT atau testing, tracing dan isolasi hingga treating,” katanya.

Untuk masyarakat, Anies ingin pelaksanaan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) harus dibangun sama sama.

“Jadi jika pemerintah tidak mengerjakan T2IT di atas, maka kita tidak kredible untuk meminta masyarakat untuk mengerjakan 3M. Disisi lain jika pemerintah mengerjakannya T2IT tapi masyarakat tidak mengerjakan 3M, maka yang tercipta tidak berdampak. Untuk itu sangatlah diperlukan kemitraan yang baik antara pemerintah dan masyarakat untuk memunculkan inovasi dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tambahnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan bahwa dalam menghadapi pandemi ini pemerintah harus terus melakukan pengajaran, pendidikan dan pemberitahuan secara berkala.

“Jika yang diajarkan, yang diberitahukan, tidak berjalan dengan baik harus ada proses pendisiplinan. Setelah proses pendisiplinan harapannya akan muncul kebiasaan baru,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan, dalam membentuk adaptasi kebiasaan baru (AKB), kemitraan pemerintah dengan masyarakat perlu ditingkatkan.

“Dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini pemerintah perlu bermitra dengan masyarakat. Pemerintah bekerja tanpa masyarakat tidak mungkin berjalan atau masyarakat yang berupaya tanpa pemerintah saja yang berkerja juga tidak mungkin,” ucapnya.

Untuk diketahui, Sekretaris Kota Desi Putra turut hadir mendampingi Wali Kota dalam kegiatan teleconference mengenai ‘Tantangan Perubahan Perilaku Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru” (Ar/Ns).

Komentar