Jokowi Minta Jangan Biarkan Masyarakat Menunggu Lama untuk Mendapatkan Pelayanan Publik

Gambar Gravatar
Februari 8, 2021-News

Nasional.id – Pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Penyelenggaraan pelayanan publik oleh pemerintah pusat dan daerah, BUMN, badan swasta, dan perseorangan, mendapat pengawasan dari Ombudsman Republik Indonesia.

“Karena itulah, saya menyampaikan apresiasi atas peran Ombudsman RI tersebut. Input, kritik, dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pengawasan dari Ombudsman RI kita perlukan agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas,” ucap Presiden Jokowi pada lama media sosialnya, Senin (8/2/21).

“Kita punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural dan administratif, menjadi pelayanan publik yang cepat, inovatif, dan berorientasi pada hasil,” imbuhnya.

Apalagi, situasi pandemi ini telah memaksa penyelenggara pelayanan publik untuk cepat bertransformasi. Pelayanan kepada masyarakat harus didasari kesadaran yang sama bahwa seluruh pihak kini bekerja dalam situasi krisis yang membutuhkan cara-cara tidak biasa, inovasi, juga terobosan terbaru.

“Masyarakat tidak boleh sampai menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan publik,” pungkasnya.