DPRD Nilai Usulan Anies Soal Jalur Sepeda di Tol Tabrak UU

Gambar Gravatar
Kamis, 27 Agu 2020, 3: 14 pm-News

Nasional.id, Jakarta – DPRD DKI Jakarta Komisi C, Ahmad Lukman Jupiter menilai usulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan soal rencana jalur sepeda yang diperbolehkan melintas di Jalan Tol Dalam Kota, keliru.

Menurut Jupiter, usulan Anies melanggar ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Dalam Pasal 53, dijelaskan bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna kendaraan bermotor.

“Sudah jelas melanggar UU kok malah ditabrak. Usulan tersebut justru akan membahayakan keselamatan pengguna sepeda. Apalagi, kendaraan yang melintas di jalan tol banyak kontainer dan bus besar,” terang Jupiter, Kamis (27/08/2020).

Politisi Fraksi Nasdem ini mengatakan, dalam PP nomor 15/2005 Tentang Jalan Tol, Pasal 1 ayat 7 juga disebutkan pengguna jalan tol adalah setiap orang menggunakan kendaraan bermotor membayar tol.

“pemisahan jalur menggunakan traffic cone tidak akan berpengaruh, hal itu justru tidak memperhitungkan faktor keselamatan,” kata Jupiter.

“Dibandingkan jalan tol, menurutnya banyak ruas jalan di Jakarta yang dapat digunakan sebagai jalur sepeda pada hari Minggu. Seharusnya, sambungnya,Pemprov DKI lebih memikirkan hal tersebut dibanding mengusulkan jalan tol untuk pesepeda,” tandasnya. (ED/NS)

Komentar