Ahmad Lukman Jupiter Dorong Pemprov DKI Lanjutkan Pembangunan ITF Sunter

Gambar Gravatar
Kamis, 22 Okt 2020, 7: 01 am-News
Sebarkan

Nasional.id, Jakarta – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter melakukan Sosialisasi Perda DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di RW 10 Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu malam (21/10/2020).

Menurut Politisi Fraksi Nadem ini, Sosialisasi Perda tersebut sebagai upaya dalam melakukan upaya pengurangan volume sampah dari sumbernya (Sampah Rumah Tangga).

Jupiter mengatakan, hal yang sangat memprihatinkan tempat pembuangan sampah di Bantar Gebang, Jawa Barat hanya mampu menampung hingga tahun 2022 nanti.

“Kita tahu saat ini sampah di DKI Jakarta menjadi masalah besar di DKI Jakarta dengan tonase sampah perhari di DKI Jakarta mencapai 2000 Ton dan saat ini tempat pembuangan akhir (TPA) hampir penuh. Maka upaya pengelolaan sampah perlu digalakkan kepada masyarakat,” ujar Jupiter usai Sosper.

Jupiter juga mendorong Pemprov DKI Jakarta agar segera melanjutkan pembangunan ITF Sunter, Jakarta Utara yang sempat tertunda. “ITF ini merubah sampah menjadi tenaga listrik. Jadi dalam hal ini menjadi tugas besar kami di DPRD dan juga bersama-sama dengan Gubernur DKI Jakarta untuk mencari solusi terbaik dalam melakukan pengurangan volume sampah,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Sukabumi Utara Renanda Puspita Sari mengapresiasi sosialisasi Perda yang dilakukan oleh DPRD DKI Jakarta. Menurutnya, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah rumah tangga.

“Mudah-mudahan apa yang telah disampaikan oleh anggota DPRD dapat menjadi yang terbaik bagi masyarakat dan tentunya diharapkan masyarakat menjadi sadar dan mau secara swadaya maupun mandiri untuk beroartisipasi lebih dalam pengelolaan sampah dilingkungannya,” harapnya.

Pada Sosialisasi Perda yang dihadiri Wakil Camat Kebon Jeruk Hasbullah, Lurah Sukabumi Utara dan Ketua RW 04 Daud Abdul Khodir serta para RT dan Warga tersebut, Jupiter juga menyerap aspirasi dari warga. (ED/NS)

Komentar