Oknum ASN di Makassar Nyambi Jadi Jambret

Gambar Gravatar
Minggu, 23 Agu 2020, 9: 09 am-Kriminal
Sebarkan

Nasional.id, Makassar, Sulsel – Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) diringkus petugas kepolisian.

Oknum tersebut yang diketahui bernama Ramli alias Raja (40 tahun) diringkus bersama temannya Mamal (23 tahun) karena diduga telah menjambret tas perempuan berisi uang tunai.

Pelaku beraksi di Jalan Bontoduri Kota Makassar yang kala itu sedang sepi, Sabtu 18 Juli 2020

Pelaku menarik tas korban yang berisi uang tunai 31 juta rupiah, jam tangan, sepasang giwang dan kalung emas, lalu kabur. Beruntung aksinya terekam kamera pengintai atau CCTV sehingga memudahkan petugas kepolisian mengenali keduanya.

Menurut informasi dari kepolisian, yang pertama diringkus adalah Mamal, dia diringkus di tempat persembunyiannya di Kabupaten Gowa, lalu dilakukan pengembangan dan diringkuslah Ramli.

Dihadapan petugas, Ramli mengakui perbuatannya telah menjambret tas berisi uang tunai 31 juta dan beberapa barang lainnya.

“Ramli berperan sebagai pemetik (menarik tas korban) sedang Mamal sebagai Joki (yang mengemudikan motor yang digunakan beraksi),” Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Agus Khaerul kepada wartawan, Sabtu (22/08/20)

Pelaku, kata Agus sudah sering melakukan aksi serupa di wilayah Kota Makassar. “Pernah di jalan depan Pasar Hartaco dan di jalan Mallengkeri,”

Kanit Reskrim Polsek Tamalate AKP Ramli juga membenarkan hal itu. Dia mengatakan, saat ini kedua pelaku telah diamankan di Mapolsek Talamate untuk proses hukum lebih lanjut.

Kedua pelaku warga Kabupaten Gowa tersebut terancam dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman hukuman di atas 9 tahun penjara. (hs/ns)

Komentar